Fabel ANJING yang SERAKAH

Fabel Anjing yang Serakah - Di sebuah peternakan, hiduplah beberapa ekor anjing. Mereka ditugasi oleh si majikan untuk menjaga ternak dan domba dari pencuri dan hewan liar. Jumlah anjing di peternakan itu ada 5 ekor. Dan setiap hari mereka dijatah daging oleh majikanya.

Namun dari 5 ekor anjing itu, hanya satu anjing saja yang terlihat gemuk. Badanya paling besar dan terlihat sangat kuat. Ternyata anjing ini gemuk karena suka merebut jatah makanan anjing lain. Sehingga anjing-anjing yang lain terlihat kurus karena kurang makan. Namun karena badanya yang cukup besar, tak ada yang berani melawan anjing itu.

Hingga pada suatu hari, si majikan memberi mereka menu spesial. Setiap anjing diberi potongan daging satu persatu. Si majikan menunggui mereka untuk memakan daging itu. Karena si majikan ada di tempat itu, si anjing serakah tidak berani merebut makanan kawan-kawanya. Namun dia mencoba untuk menunggu hingga majikanya pergi, sehingga dia bisa merebut daging yang sudah dibagi rata.


Sudah beberapa selang waktu berlalu, namun si majikan belum juga pergi. Akhirnya dengan rasa jengkel Anjing serakah itu pergi sembari membawa potongan daging miliknya yang sengaja belum dia makan. Dia ingin mencari tempat yang nyaman untuk memakan daging itu sembari melampiaskan kekesalanya.

Hingga tibalah anjing serakah itu pada sebuah jembatan. Sungai di bawah jembatan sangat jernih sehingga bisa untuk berkaca. Ketika menyeberangi jembatan, tak sengaja si anjing serakah melihat ke arah sungai di bawahnya. Dia melihat bayanganya sendiri yang sedang menggigit sepotong daging. Karena efek pantulan dari bayangan, daging yang di bawa oleh bayangan anjing itu tampak lebih besar.

Si anjing mengira, bayangan itu adalah anjing lain yang membawa sepotong daging. Kontan saja sifat serakah si anjing muncul. Dia ingin merebut daging yang terlihat lebih besar itu. Tanpa pikir panjang, dia terjun dan menerjang bayanganya sendiri. Dia tidak sadar bahwa dia tengah terjun ke dalam sungai yang dalam serta memiliki arus yang deras.

Namun ketika anjing itu sadar, semua sudah terlambat. Daging yang dibawanya sudah hilang hanyut ke dasar sungai karena sewaktu menerjang dia melepas gigitanya. Sedangkan nasib anjing serakah itu juga tak jauh beda. Karena sungai yang dalam serta arus yang deras, akhirnya anjing serakah itu tenggelam. Dan setelah hari itu, tidak terdengar lagi kabarnya. Namun hilangnya anjibg serakah itu, membawa kebahagiaan baru di dalam peternakan. Kini semua anjing di peternakan bisa hidup dengan damai serta makanan yang cukup. 

Sehingga dalam waktu singkat, semua anjing-anjing itu terlihat gemuk dan sehat. Dan mereka sama sekali tidak merindukan kehadiran si anjing serakah. Mereka malah bersyukur karena si anjing serakah itu tidak pernah lagi kembali.
Story By: Muhammad Rifai
Hikmah: Keserakahan akan selalu mendorong kita berbuat bodoh. Melupakan saudara, kawan, juga keluarga. Yang tentu saja akan membawa akibat yang buruk dikemudian hari.

Comments