Fabel BURUNG dan Ikan EMAS

Fabel Burung dan Ikan Emas – Pada suatu hari, ada seekor burung yang terbang menjelajah hutan untuk mencari makan. Dia terbang kian kemari, dan memungut apapun yang dia sukai untuk dibawa kembali ke sarangnya. Setelah cukup lama dia berkeliling, makanan yang dia dapat sudah cukup banyak di dalam sarang. Lalu dia memutuskan untuk beristirahat di atas sebuah pohon besar di pinggir sungai.

Karena udara siang yang panas, akhirnya membuat burung itu merasa haus. Burng itupun lalu turun ke tepi sungai untuk minum. Namun ketika burung itu tengah minum, dia melihat ada seekor cacing yang terlihat di dalam sungai yang bening. Burung itu berusaha mematuknya, namun karena berada di dalam air, dia tidak bisa mengenainya. Burung itupun mencoba berkali-kali dengan terbang di atas sungai, dan berusaha menyambar cacing itu. Namun sesering apapun dia mencoba, sesering itu pula dia gagal.

fabel burung
ilustrasi gambar burung

Karena lelah, akhirnya burung itu kembali ke tepi sungai untuk istirahat. Tidak sengaja dia melihat ada seekor ikan emas yang melompat-lompat dari dalam sungai. Seolah ikan itu ingin menggapai sesuatu. Ternyata, ikan itu ingin mencoba menyambar buah cherry yang ada di atas pohon. Namun kerena lompatanya kurang tinggi, ikan itu selalu gagal walau berapa kalipun ikan itu mencoba.

Melihat tingkah ikan yang menurutnya konyol itu, si burung menjadi geli dan timbul niat di hatinya untuk mengejek si ikan emas. “Ah.. dunia memang sudah mulai gila. Baru kali ini aku melihat ikan yang ingin terbang mengambil buah cherry. Apa mereka sudah pikun kalau mereka hanya punya sirip tanpa memiliki sayap. Hahaha..”. kata burung itu.

Merasa ada yang menggunjing dirinya, ikan emas itu berhenti melompat dan datang menghampiri si burung. “Hai kawan.. mungkin apa yang kau bicarakan memang benar. Dunia ini sudah mulai gila. Karena dari tadi siang hingga sore begini, aku tadi melihat ada burung yang  merasa dirinya adalah ikan sehingga dia pikir dia bisa menyelam ke dalam sungai. Apa dia tidak sadar bahwa dia tidak memiliki insang dan sirip untuk berenang. Aneh kan..?”. jawab ikan emas dengan santainya.

Mendengar jawaban itu, si burung menjadi sangat malu. Karena dia tahu bahwa burung yang dimaksud si ikan itu adalah dirinya. Akhirnya burung itu sadar dan meminta ma’af pada ikan emas atas semua kata-katanya. Dan ikan emas itu dengan senang hati mema’afkan si burung. Akhirnya, mereka bersahabat.  “Hai kawan.. mengapa kita tidak saling bantu saja dan saling menguntungkan?”. Kata ikan emas tiba-tiba.
“Apa maksud mu?”. Tanya burung belum faham.

fabel tentang ikan
ilustrasi gambar ikan

“Begini kawan, kau kan punya sayap dan bisa terbang. Kenapa kau tidak mengambilkan buah cherry itu untuk ku. Dan sebagai gantinya, aku bisa menyelam untuk mengambil cacing di dalam sungai dan kuberikan kepada mu”. Jelas si ikan emas.
“wah.. ide mu sungguh hebat. Baiklah.. kenapa tidak terpikir oleh ku. Ayo kita lakukan..’. kata burung itu dengan semangat.

Akhirnya, si burung terbang ke atas pohon untuk memetik buah cherry dan di berikan pada si ikan. Dan si ikan emas juga menyelam ke dalam sungai untuk mengambilkan cacing bagi si burung. Akhirnya, keduanya sama-sama mendapat apa yang mereka inginkan. Dan hari itu mereka berdua belajar, bahwa setiap makhluk memiliki perbedaan. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa saling mengisi dan membantu satu sama lain.

Story By: Mhammad rifai

Hikmah: Tidak ada makhluk di dunia ini yang sempurna sehingga mampu hidup sendiri tanpa bantuan dari yang lain. Jika kau menyadari kelebihan mu, maka kau juga harus mampu menyadari kekurangan mu.

Comments