Fabel KATAK Sombong Dalam Sumur

Fabel Katak Sombong Dalam Sumur - Al-kisah, ada sebuah kerajaan katak di dalam sebuah sumur. Karajaan itu dihuni oleh banyak katak, dan dipimpin oleh seekor katak bertanduk yang cukup besar di banding katak lainya. Karena badanya yang cukup besar, tidak ada seekor katak sekalipun yang berani menentang perintahnya.

Namun kekuasaan dan kekuatan yang dimilikinya, membuat katak itu menjadi sangat sombong. Dia selalu membanggakan diri bahwa dialah pemilik dunia. Dia mengusai kerajaan yang berupa sebuah lubang sumur. Namun sayangnya, dia tidak pernah keluar dari smur itu dan melihat dunia yang luas. Dis mengira, dunia itu hanya sebesar sumur itu, dan luasnya langit tak lebih dari yang terlihat dari dalam sumur, cukup sempit.

Hingga pada suatu hari, ada seekor burung yang singgah ke dalam sumur untuk minum. Namun ketika burung itu hendak minum, tiba-tiba dia dibentak oleh si katak yang menjadi raja itu. "Hai pendatang asing.. Berani-beraniny kamu minum air ku tanpa seizin ku". Teriak katak itu. Kebetulan yang singgah itu adalah burung bangau. Namun hari itu dia sudah cukup kenyang, dan hanya ingin mampir untuk minum.
"Hai katak.. Aku ke mari hanya untuk minum. Aku tidak memiliki niat jahat dan tidak ingin mencari masalah". Kata burung bangau dengan lembut. Namun si katak malah tertawa mengejek, seolah ingin merendahkan di bangau.

"Hahaha... Apa kau bilang? Tidak ingin cari masalah? Tentu saja.. Siapa yang berani mencari masalah dengan ku? Aku adalah raja penguasa dunia. Bumi dan langit ini, semua milik ku. Tentu kamu tak berani macam-macam dengan ku. Hahaha..".
Mendengar kata-kata katak yang terlihat angkuh itu, si bangau menjadi sangat geram. Lalu diapunmenjawab.. " Apa kau bermimpi menguasai dunia? Jangankan langit, bumi saja kau tak bisa melihatnya kecuali apa yang kau injak sekarang. Apa kau tak tahu berapa luasnya bumi dan langit ini?". Tanya bangau.
"Hahaha.. Dasar bodoh.. Dilihat saja sudah di ketahui berapa luasnya bumi dan langit. Lihat ke atas, itulah langit yang cukup smpit. Lihatlah bumi, inilah bumi yang kata mu luas. Tak seberapa luas pada kentataanya. Dasar mahluk bodoh. Hahaha..". Kata si katak semakin membuat bangau geram.


dongeng katak dan bangau
ilustrasi katak dan bangau

"Hmm.. Selama ini, kamu hanya melihat langit dari dalam sumur ini. Sehingga yang dapat kau lihat hanya seluas bibir sumur ini. Jika kau memang ingin melihat betapa luasnya langit dan bumi, aku akan mmbawa mu untuk melihatnya. Naiklah ke punggung ku, aku akan membawa mu terbang ke atas". Kata bangau.
"Baiklah.. Aku setuju. Tapi bukan karena aku percaya pada ucapan mu. Tapi untuk membuktikan bahwa semua kata-kata mu adalah kebohongan belaka". Kata katak tetap dengan nada angkuh.
"Hmm.. Kau tidak takut pergi dengan ku? Kau kan belum tahu diapa aku karena belum pernah melihat jenis ku kan?". Tanya si bangau.

"Hah.. Buat apa aku harus takut? Aku adalah sang raja pemilik jerajasn ini, penguasa langit dan bumi. Aku sangat kuat hingga tak ada yang berani dengan ku. Untuk apa juga aku takut pada mu? Harusnya malah sebaliknya". Kat katak sambil bertolak pinggang dengan sombongnya.
"Oh.. Begitu..? Baiklah jika tuan raja yang kuat ini tidak takut apapun. Silahkan naik dan akan ku petlihatkan luasnya langit dan bumi pada mu". Kata bangau dengan tenang.


Akhirnya, si bangau membawa katak itu terbang keluar dari dalam sumur. Betapa terkejutnya si katak begitu melihat bumi dan langit yang sangat luas, dia tidak menyangka apa yang dikatakan burung bangau itu benar adanya. Dia mulai sadar, bahwa apa yang dia lihat dari dalam sumur selama ini bukan apa-apa. Tak lebih dari lembaran kecil yang menjadi bagian dari hamparan dunia yang sangat luas.
"Nah katak.. Sekarang kau sudah lihat sendiri bahwa apa yang aku katakan bukan kebohongan. Kini aku ingin tanya.. Apa kau tahu aku ini siapa?". Tanya bangau.
"Ah.. Tentu saja tidak. Mengetahui siapa diri mu adalah hal yang tidak penting untuk raja seperti ku". Kata katak masih dengan nada angkuh.
"Nah.. Sekarang waktunya kau tahu wahai katak yang kuat dan tidak takut apapun.. Aku adalah burung bangau. Di dunia yang luas ini, aku termasuk salah satu pmangsa. Dan dengan menyesal aku katakan, jenis ku adalah musuh alami bagi jenis mu. Dengan kata lain, kau adalah makanan ku". Jawab bangau itu.


Mendengar penjelasan itu, si katak menjadi terbelalak, kaget, dan wajahnya pucat pasi. Namun terlambat, karena si bangau tiba-tiba saja membalik tubuhnya. Sehingga katak itu terjatuh dari punggungnya dan kemudia dia sambar dengan paruhny. Lalu bangau itu terbang tinggi dan menghilang di cakrawala. Sejak hari itu, raja katak yang sombong itu sudah tidak terdengar lagi kabarnya. Dia tidak pernah kembali, dan nasibnya juga tidak diketahui. 

Story by: Muhammad Rifai

Hikmah: Pengetahuan yang sempit.. Bisa membuat kita berfikir sempit sebatas yang kit tahu. Sehingga mudah diperdaya dan tidak menyadari adanya bahaya.  :)

Comments